[vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”bottom-to-top”]

Kota Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang lebih dari 4 juta jiwa (perhitungan pada tahun 2007), Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan timur Pulau Jawa dan sekitarnya.

Terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan, karena sejarahnya yang sangat berperan dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Meskipun Suku Jawa (53%) adalah mayoritas, namun Surabaya juga menjadi tempat tinggal berbagai suku bangsa di Indonesia, termasuk suku Madura (7.5%), Tionghoa (25.5%), Arab (7%), serta para ekspatriat (sisanya). Sebagai pusat pendidikan, Surabaya juga menjadi tempat tinggal mahasiswa dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia, bahkan di antara mereka juga membentuk wadah komunitas tersendiri. Sebagai pusat komersial regional, banyak warga asing (ekspatriat) yang tinggal di daerah Surabaya, terutama di daerah Surabaya Barat. Etnis terbesar adalah Tionghoa, Korea, dan Jepang. Perekonomian Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya, seperti PT Sampoerna Tbk, Maspion, Wing’s Group, Unilever, dan PT PAL. Kawasan industri di Surabaya diantaranya Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Margomulyo. Dewasa ini terdapat belasan mall-mall besar dan puluhan supermarket besar. Pusat perbelanjaan modern ternama diantaranya: Tunjungan Plaza, Pakuwon Trade Center dan Supermall Pakuwon Indah (satu gedung), Golden City Mall (Carrefour), ITC, Bubutan Junction (BG Junction), Royal Plaza, Mall Galaxy, Plaza Marina (dahulu Sinar Fontana), dan Plaza Surabaya yang oleh masyarakat Surabaya lebih dikenal dengan Delta Plaza. Sedangkan pusat perbelanjaan tradisional ternama diantaranya Pasar Turi, Pasar Atom, dan Darmo Trade Center (DTC) yang dahulunya adalah Pasar Wonokromo.

 

Ciputra World Surabaya

Ciputra World Surabaya merupakan salah satu proyek prestisius dari Ciputra Group. Ciputra World Surabaya dikembangkan di atas lahan seluas 9 ha dan terletak di Jalan Mayjend Sungkono, pintu gerbang Surabaya Barat.

Lokasi Ciputra World Surabaya berada di jalan utama mengarah ke Surabaya Barat. Lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan akses tol. Cakupan Ciputra World Surabaya tidak hanya penduduk Surabaya Barat dan Tengah, namun juga Surabaya  Selatan dan Surabaya Utara.

Surabaya Barat adalah daerah yang paling berkembang di Surabaya dalam 10 tahun terakhir, dikelilingi oleh perumahan kelas menengah dan atas (CitraLand, Bukit Darmo, Graha Famili, Darmo Harapan, Darmo Satelit Town, Kupang Indah, Bukit Mas, Darmo Hill dll), hotel (Shangri-La, Somerset) dan sekolah (Sekolah Petra, Sekolah Ciputra, Universitas 17 Agustus, dan Universitas Ciputra).

Ciputra World Surabaya akan terdiri dari pusat perbelanjaan seluas 150.000 m2 , 6 tower apartemen sebanyak 1.500 unit, 5-star diamond hotel dengan 3.000 m2 ballroom, dan sebuah menara perkantoran.